Kamis, 24 Februari 2011

[UPDATE] CARA MENGGANTI FONT 5230, 5530, 5800, N97, X6 All Symbian v5 & v3 METODE COPAS

 "Manusia diciptakan dengan akal dan nafsu.Sebagai manusia biasa,sudah barang maklum kalu kita mengalami gejala bosenisasi.Dalam hal apapun,rasa bosan dan jengah selalu ada.Begitu pula dalam bermobile ria.Dan sebagai manusia,kita diwajibkan menjaga tradisi TOLONG MENOLONG (hwah).Atas dasar kepedulian saya terhadap musibah yang menimpa anda (musibah bosan),maka dari itu saya memposting tutorial 'cara merubah font symbian v3/ v5' " Bill Heafy.
 Hal2 yang harus anda lakukan untuk dapat merubah font di hp ber OS SYMBIAN v3 / v5
1 - Cari secangkir gelas,lalu isi dengan kopi dan air panas.
2 - Sediakan rokok dan cemilan.
3 - Berdoa sebelum belajar.

Setelah itu ....... kita mulai belajarnya ........

Untuk bisa merubah font symbian v3 ada syarat2 khusus;
# PC / Laptop.
# Cardreader / kabel USB (modus data).
# Hp symbian anda harus memiliki manajer file untuk bisa melihat folder 'fonts' di resource dalam folder Z : / ROM (saya sarankan memakai aplikasi x-plorer).
# Font dengan format ekstensi *.ttf (bukan *.otf ,cari di PC anda - masuk ke explorer>control panel>fonts atau donlot dari situs2 fonts).

Sekarang ikuti langkah berikut (test mode USB cable)
  1. Setelah aplikasi x-plorer anda sudah terinstall. Coba buka dan masuk ke Tool - Configuration / pengaturan.
  2. Ceklist / Contreng "show ROM drives" lalu tekan back.
  3. Buka folder Z : --> resource -->Fonts.
  4. Lihat nama font bawaan hp yang ada di Z : resource : fonts tadi (namanya macem2 ada yang S60ZDIGI.TTF , S60SC.CCC , NOSRN60.TTF , NOSSB60.TTF , atau NOSTSB60.TTF dan setiap hape symbian v3 mempunyai jumlah kode font yang berbeda , kadang 2 kode tapi adapula yang 4/5 kode).
  5. Sekarang masukkan MMC ke komputer atau sambungkan phone via USB cable.
  6. Buat folder baru di root MMC dan rename dengan nama "resource" (kalo udah ada ya gak usah buat lagi).
  7. Buat folder baru lagi (di dalam folder resource) dan kasih nama "fonts".
  8. Arahkan cursor anda ke tools--> folder options --> view --> matikan "hide extension for known files and type" dengan mengklik tanda contreng (ini penting agar mempermudah nge_rename).
  9. Masuk ke control panel --> fonts lalu copy file favorit anda ke folder fonts yang baru anda buat tadi.
  10. Jika kode yang ada di folder Z: henpon anda hanya ada dua kode (saya contohkan kode font yang ada di folder Z: hp anda adalah S60ZDIGI.TTF, S60SSB.TTF, S60SNR.TTF & S60 TSB.TTF).
  11. Sekarang copy font yang baru anda ambil dari control panel tadi dan paste di folder fonts buatan anda (ini untuk menyesuaikan kode di folder Z: ,karena ada 4 yakni S60ZDIGI.TTF, S60SSB.TTF, S60SNR.TTF & S60 TSB.TTF, maka font yang bakalan ditaroh di E : Resource : Fonts juga harus ada 4 file. Makanya saya suruh copy..SO, satu file font yang anda ambil dari control panel tadi dicopy jadi empat (menyesuaikan jumlah font yang ada di Z: ).
  12. Setelah font anda terduplikat menjadi 4 file, sekarang rename dua font baru tadi dengan nama yang ada di folder Z: hp (dalam contoh tadi memakai name S60ZDIGI.TTF, S60SSB.TTF, S60SNR.TTF & S60 TSB.TTF, so font baru anda juga harus direname sama seperti yang ada di folder Z:).
  13. Masukkan Cemilan ke mulut anda lalu kunyah senikmat2nya (Haha..becanda)
  14. Teliti sekali lagi.
  15. RESTART hape anda..
 NB : - Tidak semua hp memiliki kualitas font yang bagus,baik dalam bentuk design dan ukurannya.

- Semakin besar ukuran fonts maka semakin lengkap fiturnya (bentuk huruf,simbol dll).

- Untuk  symbian v3 yang memakai system hard disk (tanpa MMC eksternal) macam N81 8GB dkk ,cara mengganti font_nya memakai font router atau flipfont . Selengkapnya tanya mbah gugel..:).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar